Search

Pembangunan Telekomunikasi di Kalimantan Terkendala Listrik - Bisnis.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Kalimantan Timur masih terhambat oleh ketidakadaan listrik sebagai kebutuhan dasar.

GM Network Operation Quality Management PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Regional Kalimantan Rahmad Putra Jaya mengatakan aliran listrik masih menjadi tantangan dalam membangun jarring di Kalimantan.

Dia meminta pemerintah daerah dan PLN untuk membantu dengan memberikan instalasi listrik untuk membantu pembangunan menara dan BTS untuk Ibu Kota baru.

“Terus terang, masalah PLN banyak sekali menara-menara kami yang tidak ada PLN padahal kebutuhan di sana akan komunikasi sangat banyak,” kata Rahmad di Balikpapan, Senin (24/9/2019).   

Di samping itu, sambungnya, kondisi geografis di Kalimantan dan persyaratan administrasi juga menghalangi proses pembangunan, sehingga diperkirakan di sejumlah titik realisasi pembangunan BTS baru tidak tercapai.

Dikatakan, untuk mendorong penetrasi gelaran BTS lebih cepat, Telkomsel membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah setempat.

“Kami butuh dukungan pemerintah daerah dukungannya, syukur-syukur kalau pemerintah daerah bangun, kami tinggal pasang [BTS]” kata Rahmad. 

Disebutkan, sejumlah pemerintah daerah bekerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi, telah membangun menara sendiri sehingga Telkomsel tinggal datang dan memasang BTS di sana.  

Diketahui per Agustus 2019 jumlah BTS Telkomsel di Kalimantan yaitu sebanyak 6.400 BTS 2G, 5.600 BTS 3G, dan 6.100 BTS Adapun total keseluruhan BTS sebanyak 18.100 BTS dengan 4 BTS sudah menggunakan Massive MIMO.

Khusus di Kalimantan Timur, jumlah BTS 2G dan BTS 3G, masing-masing sebanyak 1.800 BTS. Adapun untuk BTS 4G sebanyak 1.900 BTS.

Lebih mengerucut untuk Kabupaten Penajam Paser Utara, jumlah BTS Telkomsel yaitu, 70 BTS 2G, 70 BTS 3G dan 100 BTS 4G. Jumlah BTS di Penajam Paser Utara masih sedikit disebabkan populasi yang terdapat di daerah tersebut belum banyak.

Kemudian, untuk Kabupaten Kutai Kertanegara jumlah BTS Telkomsel sebanyak 380 BTS 2G, 330 BTS 3G, dan 490 BTS 4G. Adapun total keseluruhan sebanyak 1.200 BTS.    

Let's block ads! (Why?)



"listrik" - Google Berita
September 24, 2019 at 07:07AM
https://ift.tt/2l2JC6C

Pembangunan Telekomunikasi di Kalimantan Terkendala Listrik - Bisnis.com
"listrik" - Google Berita
https://ift.tt/2I79PZZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pembangunan Telekomunikasi di Kalimantan Terkendala Listrik - Bisnis.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.