Search

Data Center GTN Cikarang Berjalan Normal dalam Uji Coba Pemadaman Suplai Listrik - Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Sistem kelistrikan sebuah data center merupakan faktor kritikal yang menentukan kinerjanya dalam menghadapi kondisi kondisi darurat.

PT Graha Teknologi Nusantara mengadakan gelar uji berkala kelistrikan data center mereka pada 22 Oktober di pusat operasi yang terletak di kawasan Cikarang dan merupakan  uji yang kelima.

"Kami ingin memperlihatkan kepada customer bahwa GTN Data Center itu punya sumber listrik yang sangat bisa diandalkan. GTN Data Center memanfaatkan keandalan PT Cikarang Listrindo Tbk sebagai pemasok utama daya listrik,” kata Chief of Sales & Marketing Officer GTN Data Center Tjetjep Dharmawan dalam keterangannya, Senin (28/10/2019).

Dikatakannya, selain sumber listrik dari Cikarang Listrindo, juga memiliki DRUPS (diesel rotary uninterruptible power supply) yang bisa mem-back up pasokan daya apabila terjadi gangguan.

"Sistem back up kami juga layer by layer, yang disediakan oleh para profesional untuk memastikan tetap beroperasi 1x24 jam,” kata Tjetjep lagi.

Hal ini untuk memastikan data center bisa berfungsi sebagaimana mestinya untuk menjaga proses bisnis dan lalu lintas data tetap berjalan karena suplai listrik tidak terkena dampak sama sekali.

Baca: Bus Listrik Transjakarta: Wajah Masa Depan Transportasi Ibu Kota

Walaupun diadakan rutin 2 kali dalam setahun, uji coba sistem kelistrikan ini merupakan ujian penting mengingat kejadian tidak terduga padamnya listrik di Pulau Jawa pada awal Agustus lalu.

Saat itu, GTN Data Center di Cikarang tetap berjalan dalam kondisi normal.

Sebanyak 22 peserta dari 9 perusahaan mendapatkan kesempatan menyaksikan secara langsung prosedur uji coba kesiapan seluruh infrastruktur dan tenaga ahli GTN dalam menghadapi skenario putusnya suplai listrik dari jaringan utama listrik dalam kondisi tertentu.

Redundancy adalah faktor penting untuk standar rating data center dalam kondisi pemeliharaan rutin dan darurat karena bencana dan faktor eksternal yang tidak bisa terduga.

Let's block ads! (Why?)



"listrik" - Google Berita
October 29, 2019 at 05:10AM
https://ift.tt/2PqsUL9

Data Center GTN Cikarang Berjalan Normal dalam Uji Coba Pemadaman Suplai Listrik - Tribunnews
"listrik" - Google Berita
https://ift.tt/2I79PZZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Data Center GTN Cikarang Berjalan Normal dalam Uji Coba Pemadaman Suplai Listrik - Tribunnews"

Post a Comment

Powered by Blogger.