Search

Akhir 2019, PLN Alirkan Listrik ke 6 Desa di Luwu Utara - Cek Fakta Tempo

TEMPO.CO, Makassar - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (PLN UIW Sulselrabar) secara resmi kemarin mengalirkan listrik ke enam desa di Kabupaten Luwu Utara. PLN berharap bisa untuk mewujudkan target rasio elektrifikasi 100 persen dalam penyediaan listrik desa pada 2020. 

Peresmian penyalaan listrik desa itu dilakukan langsung Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah di halaman Kantor Koramil, Desa Komba, Kecamatan Rongkong, Kabupaten Luwu Utara. "Dulunya masyarakat hanya menggunakan genset, sekarang dengan adanya listrik dari PLN tentu harapannya dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat," kata Nurdin, Selasa, 31 Desember 2019.

Keenam desa yang mendapatkan listrik di Luwu Utara adalah Desa Komba, Desa Minanga, Desa Rinding Allo, Desa Marampa, Desa Limbong, dan Desa Pangkendekan.

Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN UIW Sulselrabar, Sudirman menyampaikan pihaknya menghadapi tantangan akses jalan yang berlumpur serta sering terjadi longsor dalam proses pengadaan listrik tersebut. "Tidak jarang petugas kami juga menghadapi longsor saat mengangkut material," katanya.

Sudirman mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemprov Sulsel lantaran infrastruktur jalan yang sudah bagus sehingga mobilisasi material ke lokasi desa semakin mudah. "Semoga dengan adanya listrik dari PLN, masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik serta anak-anak dapat belajar lebih lama."

Lebih jauh Sudirman mengaku yakin seluruh desa di wilayah kerja PLN UIW Sulselrabar akan mendapatkan aliran listrik di tahun 2020. PLN telah membangun infrastruktur Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 33 kilometer, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 13 kilometer, serta total daya 400 kVA untuk 507 pelanggan tersambung.

Selain itu, melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR), PLN juga memberikan bantuan penyambungan pasang baru listrik bagi 120 KK yang ada di Kecamatan Rongkong.

ANTARA

Let's block ads! (Why?)



"listrik" - Google Berita
January 01, 2020 at 08:17AM
https://ift.tt/2SJTikG

Akhir 2019, PLN Alirkan Listrik ke 6 Desa di Luwu Utara - Cek Fakta Tempo
"listrik" - Google Berita
https://ift.tt/2I79PZZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Akhir 2019, PLN Alirkan Listrik ke 6 Desa di Luwu Utara - Cek Fakta Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.