Search

1.509 Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Bakal Dikonversi ke Gas - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah menargetkan dalam dua tahun depan akan mengonversi 1.509 pembangkit listrik berbasis diesel ke gas.

Proyek gasifikasi pembangkitan tersebut bertujuan untuk menurunkan biaya pokok produksi (BPP) listrik. BPP listrik lebih tinggi saat menggunakan solar jenis high speed diesel (HSD) dibandingkan dengan gas. 

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan  Sumber Daya Mineral (ESDM) Hendra Iswahyudi mengatakan sebelumnya ada 965 pembangkit berbahan bakar solar yang akan dikonversi ke gas.

Namun, karena pemerintah memperluas cakupan area proyek gasifikasi pembangkitan, jumlah pembangkit bertambah menjadi 1.509 unit.

Menurutnya, proyek gasifikasi pembangkitan tersebut akan menurunkan biaya pokok produksi (BPP) listrik. Meskipun tidak menyebut angka pasti BPP, diprediksi akan ada penurunan biaya produksi saat menggunakan gas sebesar US$5 sen per Million Metric British Thermal Unit (MMBTU). 

"Harga nanti kita lihat, yang penting klausul menurunkan BPP dibanding HSD," katanya kepada Bisnis, Kamis (26/12/2019).

Saat ini pemerintah sedang menyusun regulasi dan memberikan penugasan ke PT Pertamina dan PT PLN untuk menggarap proyek tersebut. Pertamina akan menyediakan gas dan nantinya PLN yang akan memanfaatkan gas tersebut. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
listrik

Let's block ads! (Why?)



"listrik" - Google Berita
December 26, 2019 at 06:38PM
https://ift.tt/34TPboN

1.509 Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Bakal Dikonversi ke Gas - Bisnis.com
"listrik" - Google Berita
https://ift.tt/2I79PZZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "1.509 Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Bakal Dikonversi ke Gas - Bisnis.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.