Search

112 Warga Miskin di Maluku-Malut Tersambung Listrik Gratis | Ekonomi - Gatra

Ambon, Gatra.com- PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (Malut) telah melakukan penyambungan gratis kepada 112 rumah yang dihuni warga miskin atau kurang mampu.

Penyambungan gratis tersebut dilakukan melalui program One Man One Hope yang dicanangkan serentak di Indonesia sejak bulan Agustus 2019 lalu.

Program One Man One Hope merupakan gerakan sosial dari para pegawai PLN se-Indonesia. Mereka menyisihkan pendapatannya untuk membantu masyarakat yang rumahnya belum dialiri listrik.

Siang tadi Senin (16/12/2019), PLN Maluku-Malut kembali memasang penyambungan kepada 3 unit rumah warga di Desa Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah (Pulau Ambon), Maluku.

Di Maluku dan Malut sendiri hingga hari ini sudah tersambung 112 rumah dari target Rumah Tangga Sasaran (RTS) sebanyak 151 unit.

"Adapun dana yang terkumpul dari pegawai di lingkungan PLN Maluku dan Maluku Utara yakni sebesar Rp 130.412.135," kata Assistent Manager Komunikasi PLN Maluku-Malut, Darry Giovanno.

Maluku sendiri, kata dia, sudah tersambung sebanyak 37 rumah pelanggan dari wilayah kerja Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3). Diantaranya PLN UP3 Ambon sebanyak 11 pelanggan, PLN UP3 Masohi sebanyak 5 pelanggan, PLN UP3 Tual sebanyak 5 pelanggan dan PLN UP3 Saumlaki sebanyak 16 pelanggan.

"Sedangkan untuk di provinsi Maluku Utara sudah tersambung sebanyak 75 rumah pelanggan, di antaranya PLN UP3 Ternate sebanyak 41 pelanggan, PLN UP3 Sofifi sebanyak 15 pelanggan dan PLN UP3 Tobelo sebanyak 19 pelanggan," terangnya.

Darry menambahkan, bahwa penentuan dari masyarakat yang berhak untuk menerima bantuan program One Man One Hope ini berdasarkan perpaduan data rumah tangga tidak mampu yang belum berlistrik, data rumah warga di daerah 3T dan data dari TNP2K.

"Program ini juga akan diperpanjang hingga 31 Desember tahun 2020 mendatang dengan melihat dampak positif dari terlaksananya program ini yang juga selaras dan turut membantu peningkatan rasio elektrifikasi," ungkapnya.

Harapannya dengan dihadirkannya program One Man One Hope ini akan meringankan biaya pemasangan listrik sehingga selanjutnya memudahkan masyarakat dengan hanya membayar biaya pemakaian listrik sehari-hari.

"Di samping itu, gerakan program One Man One Hope ini juga tidak terbatas hanya dari pegawai PLN saja, namun juga melibatkan keluarga, sanak saudara, hingga masyarakat umum yang berempati untuk turut serta dalam program ini," tandasnya.


Reporter: Chen Toisuta
Editor: Zairin Salampessy


Let's block ads! (Why?)



"listrik" - Google Berita
December 16, 2019 at 07:59PM
https://ift.tt/2PqFAkN

112 Warga Miskin di Maluku-Malut Tersambung Listrik Gratis | Ekonomi - Gatra
"listrik" - Google Berita
https://ift.tt/2I79PZZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "112 Warga Miskin di Maluku-Malut Tersambung Listrik Gratis | Ekonomi - Gatra"

Post a Comment

Powered by Blogger.