Search

Intip Cara Kerja Isolator yang Menolong Kamu dari Kesetrum Arus Listrik - Okezone Economy

JAKARTA – Dunia kelistrikan memang sering membuat kita penasaran. Apalagi sering didengar dan dilihat yang belum tentu masyarakat tahu untuk apa gunanya.

Salah satunya isolator. Masyarakat pun pastinya sudah sering melihat di sutet-sutet sekitar kawasan rumah yang terlihat seperti pegas tembaga tersebut.

Namun, apakah kamu tahu gunanya isolator?

 Baca juga: Viral Video Kentang Bisa Hidupkan Lampu LED, Kok Bisa?

Mengutip akun instagram PLN.id, Jakarta, Minggu (22/12/2019), isolator adalah bahan yang tidak bisa atau sulit melakukan perpindahan muatan listrik. “Dalam bahan isolator valensi elektronnya terikat kuat pada atom-atomnya," tulis PLN.

 Isolator (ig)

Bahan-bahan isolator listrik ini digunakan dalam alat-alat elektronika sebagai penghambat mengalirnya arus listrik. Isolator pun penting untuk menjaga kita aman dari tersengat listrik.

 Baca juga: Harbolnas Bikin Kantong Jebol? PLN Ingatkan Bayar Listrik

Isolator juga berfungsi sebagai penopang beban atau pemisah antara konduktor tanpa membuat adanya arus mengalir ke luar atau atara konduktor. Istilah ini juga digunakan untuk memberi nama pada alat yang digunakan untuk menyangga kabel transmisi listrik pada tiang listrik.

Adapun bahan-bahan terbaik untuk isolator adalah terbuat dari kaca, kertas dan Teflon. Contohnya dalam kehidupan sehari-hari adalah gagang setrika yang dilapisi dengan plastik agar kita tidak kepanasan saat memegangnya.

 Baca juga: Atap Pembangkit Tenaga Surya Bikin, Harga Listrik Lebih Terjangkau?

Beberapa bahan sintetis bisa digunakan sebagai isolator kabel antara lain plastik dan karet. Contohnya adalah kabel tembaga yang dilapisi dengan bahan karet sehingga orang yang memegangnya tidak tersengat listrik.

"Bahan-bahan ini dipilih sebagai isolator kabel karena lebih mudah dibentuk / diproses sementara masih bisa menyumbat aliran listrik pada voltase menengah (ratusan, mungkin ribuan volt)," kutip akun tersebut.

(rzy)

Let's block ads! (Why?)



"listrik" - Google Berita
December 22, 2019 at 05:10PM
https://ift.tt/394kyQP

Intip Cara Kerja Isolator yang Menolong Kamu dari Kesetrum Arus Listrik - Okezone Economy
"listrik" - Google Berita
https://ift.tt/2I79PZZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Intip Cara Kerja Isolator yang Menolong Kamu dari Kesetrum Arus Listrik - Okezone Economy"

Post a Comment

Powered by Blogger.