Search

Duh, Frekuensi Padam Listrik RI Naik Gegara Black Out di 2019 - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - PT PLN (Persero) mencatat, akibat black out terjadi peningkatan durasi dan jumlah frekuensi pemadaman listrik.

Berdasarkan catatan PLN, sepanjang tahun 2019 System Average Interruption Duration Index (SAIDI) sebesar 1.136 menit per pelanggan. SAIDI merupakan durasi pemadaman listrik yang dialami pelanggan.

Kemudian, System Average Interruption Frequency Index (SAIFI) tahun 2019 sebesar 11,51 kali per pelanggan. SAIFI merupakan frekuensi pemadaman yang dialami pelanggan. SAIDI dan SAIFI naik signifikan dibandingkan tahun 2018 dengan masing-masing SAIDI 958 menit per pelanggan dan SAIFI 9,90 kali per pelanggan.


"SAIDI adalah lama padam atau durasi padam listik yang dialami pelanggan. Sementara SAIFI adalah jumlah padam atau frekuensi padam yang dialami pelanggan. Pada tahun 2019 tercatat SAIDI sebesar 1.136 menit per pelanggan sedang SAIFI 11,51 kali per pelanggan," ungkap Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini di Komisi VII DPR RI, Selasa, (29/01/2020).

[Gambas:Video CNBC]

Direktur PLN Regional Sulawesi Syamsul Huda menyebut penyebab dari peningkatan durasi dan frekuensi listrik disebabkan gangguan yang terjadi di sebagian wilayah pulau Jawa awal Agustus tahun lalu. Meski demikian, pihaknya berkomitmen agar kejadian semacam ini tidak terulang lagi.

"Salah satunya ada black out pada Agustus kemarin. Tapi sekarang kami komitmen supaya enggak terjadi lagi black out," terangnya.

Sebelumnya, Black out atau pemadaman massal yang terjadi pada 4 Agustus 2019 menjadi pelajaran penting bagi PLN. Salah satu yang sempat disoroti atas kejadian itu adalah PLTU Suralaya yang memasok listrik untuk Jawa, Madura dan Bali.

"Ini jangan salah ya, ibaratnya Suralaya mati belakangan, ibarat petinju di pertahanan terakhir," kata Direktur 1 Operasi PT Indonesia Power, M Hanafi Nur Rifai di Kantornya, Cilegon, Selasa (24/9/219).

PT Indonesia Power merupakan anak usaha PLN yang membawahi PLTU Suralaya. Pihaknya berjanji akan memperbaiki defense scheme dan memperbaiki pola koordinasi dengan semua pihak. Namun perbaikan tersebut bukan berarti salah satu penyebab black out adalah lemahnya koordinasi.

"Semua berjalan sesuai SOP-nya, cuma sistem kan berkembang terus makanya kita perbaiki," ujarnya lagi.

(gus)

Let's block ads! (Why?)



"listrik" - Google Berita
January 29, 2020 at 12:21PM
https://ift.tt/2O8DTqZ

Duh, Frekuensi Padam Listrik RI Naik Gegara Black Out di 2019 - CNBC Indonesia
"listrik" - Google Berita
https://ift.tt/2I79PZZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Duh, Frekuensi Padam Listrik RI Naik Gegara Black Out di 2019 - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.