Search

Dimodifikasi Gendong Mesin Listrik, Fiat 124 Spider Klasik Dijual Rp1,2 Miliar - iNews

ILLINOIS, iNews.id - Modifikasi mobil klasik menjadi kendaraan listrik (electric vehicle/EV) tengah menjadi tren di pasar dunia. Namun, otoritas kendaraan bersejarah FIVA keberatan dengan ubahan tersebut.

Mereka menilai mobil klasik tidak dapat dianggap sebagai kendaraan bersejarah karena konversi listrik yang secara fundamental mengubah kondisi historis mobil vintage. Namun, sebagian masyarakat memiliki pendapat berbeda. Ini terlihat dari penjualan mobil klasik listrik yang terus meningkat.

Terbaru Spider America EV yang dibangun oleh Barrington, Roadster Salon berbasis di Illinois, Amerika Serikat (AS), perusahaan spesialisasi restorasi Fiat 124 Spider klasik.

Dilansir dari Carscoops, Selasa (21/1/2020), ini bukan hanya terkait konversi Fiat 124 klasik yang mengalami ubahan listrik, tetapi juga EV kustom pertama di pasar yang menampilkan transmisi manual. Berkat unit penggerak motor kembar dengan tenaga hampir 200 HP dan torsi lebih dari 200 lb-ft (271 Nm) tersedia secara instan, mobil ini dapat dikendarai dengan transmisi manual standar dengan kopling.

Ketika manual melelahkan, pengemudi dapat menempatkan transmisi dalam mode drive city atau jalan raya dan menikmatinya seperti gearbox otomatis konvensional.

Model tertinggi jajaran Spider America EV dapat berakselerasi dari 0 hingga 60 mph (96 mph) dalam waktu sekitar 6 detik. Kecepatan tertinggi mobil ini 130 mph (209 km/jam) dengan daya jelajah lebih dari 87 mil (140 km) dari model listrik Fiat 500e.

Spider America versi tertinggi dibanderol 139.995 dolar AS. Meski relatif mahal, tetapi dengan jumlah itu pembeli mendapatkan “interior mewah yang dibuat perajin” yang menampilkan kulit penuh yang dijahit tangan dengan aksen kenari yang ditekuk. Roadster Salon juga membuat peningkatan kinerja pengereman.

Bagi mereka yang enggan menghabiskan uang untuk Fiat 124 Spider EV yang direkondisi, Roadster Salon juga menawarkan versi yang lebih terjangkau.

Disebut Spider America EV Junior, mobil ini mengemas motor listrik tunggal dan paket baterai yang disederhanakan dengan harga 89.995 dolar AS atau sekitar Rp1,2 miliar. Versi ini mencakup kemampuan berlari 0 hingga 60 mph (96 km/jam) dalam waktu sekitar 7 detik, dan menawarkan daya jangkau lebih dari cukup untuk sekadar liburan akhir pekan di kota.

Roadster Salon berencana membangun hanya 20 unit Fiat 124 Spider EV tahun ini dan menerima reservasi senilai 5.000 dolar AS yang dapat dikembalikan. Perusahaan berjanji akan mengirimkan unit 90 hari sejak pemesanan.

(Foto: Carscoops)
(Foto: Carscoops)

Editor : Dani Dahwilani

Let's block ads! (Why?)



"listrik" - Google Berita
January 21, 2020 at 09:45PM
https://ift.tt/2RASVXr

Dimodifikasi Gendong Mesin Listrik, Fiat 124 Spider Klasik Dijual Rp1,2 Miliar - iNews
"listrik" - Google Berita
https://ift.tt/2I79PZZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dimodifikasi Gendong Mesin Listrik, Fiat 124 Spider Klasik Dijual Rp1,2 Miliar - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.