Search

PLN Serius Garap Pasar Listrik Premium di Jateng dan DIY - Tempo

TEMPO.CO, Solo - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menyatakan akan menggarap pasar pelanggan listrik premium dengan lebih serius di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Selain dari sektor swasta, PLN juga akan menggarap pelanggan premium ini dari instansi pemerintah.

"Sebenarnya listrik premium sudah kami pasarkan sejak dua tahun lalu," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Feby Joko Priharto, Rabu 15 Januari 2020. Hanya saja, belum banyak pelanggan reguler yang tertarik untuk berpindah ke pelanggan premium.

Hingga saat ini, PLN baru memiliki pelanggan listrik premium sebanyak 38 instansi swasta. "Kami ingin menggarap pasar ini dengan lebih baik di 2020 ini," kata Feby.

Menurut Feby, pelanggan premium akan mendapat banyak keuntungan dibanding pelanggan biasa. "Karena kami menggunakan dua penyulang sekaligus," katanya. Penggunaan dua penyulang membuat listrik tetap aman saat terjadi gangguan jaringan.

"Saat jaringan utama padam, listrik akan langsung beralih ke jaringan kedua," kata Feby. Proses pergantian itu berlangsung secara otomatis dan hanya membutuhkan waktu 0,4 detik. Dengan demikian, peralatan seperti eskalator, lift, penerangan maupun pendingin ruangan masih tetap berjalan secara normal.

Sedangkan tarif untuk layanan PLN premium itu menurutnya tidak jauh berbeda dengan layanan reguler. "Hanya terpaut sekitar 6 persen di atas tarif normal," kata Feby. Hanya saja, ia menerangkan, layanan itu baru bisa dinikmati oleh pelanggan dengan daya menengah seperti pusat perkantoran, pusat belanja, hotel, rumah sakit dan instansi pemerintahan.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menyebut bahwa kantor pelayanan publik di kota itu akan segera beralih ke listrik premium. "Kami upayakan bisa tahun ini," katanya. Hal itu untuk menjamin kecepatan pelayanan kepada masyarakat.

Saat ini, layanan listrik premium sudah terpasang di rumah dinas Wali Kota Surakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Loji Gandrung. Pemerintah Kota Surakarta menjadi instansi pemerintah pertama di Jawa Tengah yang menjadi pelanggan listrik premium PLN.

(AHMAD RAFIQ)

Let's block ads! (Why?)



"listrik" - Google Berita
January 16, 2020 at 07:24AM
https://ift.tt/38b36IZ

PLN Serius Garap Pasar Listrik Premium di Jateng dan DIY - Tempo
"listrik" - Google Berita
https://ift.tt/2I79PZZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PLN Serius Garap Pasar Listrik Premium di Jateng dan DIY - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.