Search

Santri Tazkia Manfaatkan Zebra Cross Jadi Pembangkit Listrik - Republika Online

Santri Tazkia memanfaatkan energi kinetik dari energi terbuang di jalan raya.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Dua santri SMA Tazkia International Islami Boarding School (IIBS), Ipangga Hulian dan Affan Najih berhasil meraih juara I dalam Lomba Karya Teknologi yang diadakan oleh Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Prestasi ini sukses dicapai berkat ide pemanfaatan zebra cross sebagai pembangkit listrik.

Santri SMA Tazkia IIBS Malang, Ipangga Hulian menjelaskan, ide penelitian tidak lepas dari peran listrik sebagai kebutuhan dasar di masyarakat. Kebutuhan ini biasanya dihasilkan dari beberapa jenis pembangkit listrik. Namun sayangnya, penggunaan listrik saat ini banyak menimbulkan efek negatif.

"Yaitu menimbulkan krisis sumber energi di berbagai belahan dunia," kata Ipangga dalam pesan resmi yang diterima Republika, Senin (18/11).

Melihat situasi tersebut, Ipangga dan Affan menilai perlunya sumber energi alternatif untuk listrik. Salah satunya dengan memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan dari energi terbuang di jalan raya. Dalam hal ini energi yang berasal kendaraan maupun manusia yang melewati zebra cross.

"Energi tersebut akan dimanfaatkan dengan mengubahnya menjadi energi mekanik melalui media yang dirancang pada zebra cross. Kemudian sumber energi listrik tersebut disimpan dalam bentuk baterai," tegas Ipangga.

Di sisi lain, menurut Ipangga, teknik induksi elektromagnetik efektif digunakan di Indonesia saat ini. Teknik konservasi energi ini hanya perlu memodifikasi rangkaian alat yang akan ditanamkan di bawah zebra cross.

Ipangga tak menampik, telah ada pemanfaatan energi kinetik dari pejalan kaki di trotoar dan //speed bump//. Namun untuk pengembangan sumber energi pada zebra cross belum ada sama sekali. Oleh sebab itu, dia berharap, pemanfaatan energi terbarukan ini dapat membantu krisis yang terjadi di dunia.

Selain itu, dia juga berharap, dapat membantu tersedianya sumber energi listrik alternatif. Hal ini terutama di sekitar area yang dipasangkan alat konversi energi.  Lalu juga bisa membantu mendisiplinkan pengguna jalan terutama di area zebra cross.

Let's block ads! (Why?)



"listrik" - Google Berita
November 18, 2019 at 05:59PM
https://ift.tt/2OlnkYc

Santri Tazkia Manfaatkan Zebra Cross Jadi Pembangkit Listrik - Republika Online
"listrik" - Google Berita
https://ift.tt/2I79PZZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Santri Tazkia Manfaatkan Zebra Cross Jadi Pembangkit Listrik - Republika Online"

Post a Comment

Powered by Blogger.