Search

Wamen BUMN: 1,1 Miliar Orang di Dunia Tak Dapat Akses Listrik - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Budi Gunadi Sadikin mengingatkan para pelaku industri energi bahwa saat ini masih ada 1,1 miliar orang di dunia yang tidak memiliki akses terhadap listrik. Ia menilai persoalan ini tak kalah penting dibandingkan isu energi bersih atau energi berkelanjutan yang saat ini populer.

“Ini menjadi persoalan utama,” kata Budi dalam acara Pertamina Energy Forum di Raffles Hotel, Jakarta Selatan, Rabu, 27 November 2019. 

Budi mengakui, pengalamannya di dunia energi masih kalah dibandingkan para pelaku industri yang datang di acara ini. Bahkan, kata dia, ia baru bersentuhan langsung dengan energi selama dua hari. Setelah sebelumnya, ia juga ditunjuk menjadi Wakil Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).  

Tapi, Budi mengakui memiliki pengalaman tersendiri saat berkarir di dunia perbankan. Mantan DIrektur Utama PT Pertamina (Persero) ini menilai persoalan akses terhadap listrik menjadi topik penting bagi perbankan. “Karena ketika dapat akses terhadap listrik, mereka bisa akses perbankan,” kata dia.

Sehingga, Budi meminta para pelaku industri sedikit mengubah perspektif mereka dalam melihat energi. Dari yang selama ini hanya bicara soal energi bersih lewat energi terbarukan, menjadi ketersediaan listrik bagi seluruh masyarakat.

Energi termasuk listrik, kata Budi, tak hanya harus bersih dan berkelanjutan, tapi juga bisa diakses oleh seluruh masyarakat di pelosok Indonesia. “Jadi jangan hanya lihat di kota, lihat juga yang di daerah pedalaman,” ujarnya.

Let's block ads! (Why?)



"listrik" - Google Berita
November 27, 2019 at 11:03AM
https://ift.tt/34pwdH4

Wamen BUMN: 1,1 Miliar Orang di Dunia Tak Dapat Akses Listrik - Tempo
"listrik" - Google Berita
https://ift.tt/2I79PZZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wamen BUMN: 1,1 Miliar Orang di Dunia Tak Dapat Akses Listrik - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.